Rabu, 20 Juli 2016

PPDB SMK Negeri 1 Plered Purwakarta Tahun 2016/2017

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
( PPDB )


SMK NEGERI 1 PLERED
TAHUN AJARAN 2016/2017

I.                    PENDAHULUAN

Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) sebagai bentuk satuan Pendidikan Kejuruan sebagaimana ditegaskan dalam penjelasan pasal 15 Undang-undang SISDIKNAS, merupakan  Pendidikan Menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Tujuan umum dan tujuan khusus Pendidikan Menengah Kejuruan atau SMK salah satunya adalah menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, dapat mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia insdustri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya.
Untuk memenuhi persyaratan di atas, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Plered perlu menyelenggarakan sistim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang profesional agar memiliki pesrta diklat yang sesuai dengan minat bakatnya, sehingga pelaksanaan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Plered lebih mudah diserap oleh peserta diklat. Dengan demikian tujuan di atas diharapkan dapat tercapai.


II.                  DASAR / LANDASAN

1.   Keputusan Mendikbud No. 090/0/1979 tanggal 27 Pebruari 1979 Tentang Organisasi dan Tata Kerja SMK
2.   PP 29 Tahun 1990 sebagaimana telah diubah dengan PP No. 56 Tahun 1998 Tentang Pendidikan Menengah.
3.   Surat Keputusan Mendiknas No. 0823/U/2001 Tentang Seleksi Calon Siswa Baru.
4.   UU No. 20 tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional.
5.   Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2006 tentang Standar Nasional Pendidikan
6.   PERGUB Jawa Barat No. 50 Tahun 2015 Tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 
( PPDB ) pada SMA, SMK, MA, dan MAK  Tahun Pelajaran 2015/2016 di Propinsi Jawa Barat
7. PERBUB Purwakarta No. 67 Tahun 2015  Tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru  jenjang Tk, SD, SMP, SMA dan SMK Tahun Pelajaran 2015/2016 di Kabupaten Purwakarta


III.                TUJUAN

Tujuan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah selain untuk mengisi peserta didik  di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Plered juga untuk menjaring seleksi bakat dan minat siswa agar sesuai dengan program keahlian yang dipilihnya.




IV.               PROGRAM KEAHLIAN DAN KUOTA

1)      Teknik Audio Video  (TAV )                 2 X 36  =   72
2)      Teknik Kendaraan Ringan  (TKR)        2 X 36  =   72
3)      Teknik Sepeda Motor  (TSM)              2 X 36  =   72
4)      Teknik Pemesinan  ( TP)                     2 X 36  =   72
5)      Teknik Komputer Jaringan  (TKJ)        2 X 36  =   72
6)      Akuntansi  (AK)                                    2 X 36  =   72
7)      Teknik Otomasi Industri                      2 X 36 =   72
8)      Tata Boga                                            2 X 36 =   72
 

Jumlah                           576
V.                 SASARAN

1)      Siswa/i SMP Negeri dan Swasta
2)      Siswa/i MTs  Negeri dan Swasta
3)      Siswa/i Paket B ( Setara SMP)

VI.               PENYELENGGARAAN

1)      Waktu

Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru                       :  27 Juni – 30  Juni  2016
Setiap hari kerja pukul                                                :  08.00  s/d  14.00 WIB
Tes Akademik dan Keahlian                                        :  01  Juli 2016
Bursa Penerimaan  Calon Peserta Didik Baru                        :  02 Juli 2016
Pengumuman  Penerimaan Peserta Didik Baru         :  04  Juli   2016
Daftar Ulang Calon Pesrta Didik Baru                                    :  11- 13 Juli 2016
Tahun Pelajaran Baru 2015/2016                              :  18 Juli 2016
MABIM                                                                        :  22-23  Juli 2016

2)      Tempat Pendaftaran PPDB                                         : Kampus SMK Negeri 1 Plered




VII.             PERSYARATAN SISWA BARU

1.        Mengisi Formulir Pendaftaran (disediakan di SMKN 1 Plered)
2.        Foto Copy STTB/Ijazah ( 3 lembar dilegalisir )
3.        SKHU Asli dan Foto Copynya  ( 3 lembar dilegalisir )
4.        Poto Copy Kartu NISN ( 3 lembar )
5.        Menyerahkan Raport Asli dan Foto Copy Nilai Semester 5 dan 6
6.        Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Sekolah Asal/Kepolisian
7.        Surat Keterangan Sehat dari Dokter ( disediakan di SMKN 1 Plered )
8.        Surat Pernyataan Tanggung jawab Mutlak Orang Tua/Wali ( disediakan di SMK )
9.        Pas Photo 2 X 3 (5 lembar) dan 3 X 4 (5 lembar )
10.    Foto Copy Akta Kelahiran (3 lembar)
11.    Foto Copy Kartu Keluarga  (3 lembar)
12.    Foto Copy KTP Orang Tua (3 lembar )
13.    Surat Rekomendasi dari Dinas Pendidikan setempat bagi Pendaftar luar kabupaten Purwakarta








PEMERINTAH KABUPATEN PURWAKARTA
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
SMK NEGERI 1 PLERED
KELOMPOK TEKNOLOGI INDUSTRI, BISNIS MANAJEMEN DAN PARIWISATA
Jl. Rawa Sari Kecamatan Plered – Purwakarta 41162
Telp. 082214454543, smkneple_206@yahoo.com



SURAT KEPUTUSAN
KEPALA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PLERED
Nomor : 422.1  /0281 / TU            


Tentang
PENETAPAN PANITIA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Menimbang                  : a. Bahwa  Kegiatan Pembelajaran  di SMK Negeri  1 Plered diawali oleh Penerimaan
                                          Peserta Didik Baru
                                      b. Untuk kelancaran  pelaksanaan  Penerimaan  Peserta Didik Baru  tahun Pelajaran
                                          2016/2017 perlu membentuk kepanitiaan.

Mengingat                    : 1. Surat  Keputusan Mendiknas no. 083/U/2001  Tentang Seleksi Calon Siswa Baru

                                      2. Undang-Undang  No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional

                                      3. Peraturan Pemerintah  No. 19 Tahun 2005  tentang  Standar Nasional Pendidikan.
     
  4. PERGUB Jawa Barat No. 21   Tahun 2016 Tentang Pedoman Penerimaan Peserta
      Didik Baru pada SMA, SMK, MA, dan MAK Tahun Pe lajaran 2016/2017 di Pro-
      pinsi Jawa Barat

  5. PERBUB Purwakarta  No. 95 tahun  2016 Tentang  Pedoman Penerimaan Peserta
       Didik Baru pada TK, SD, SMP, SMA, SMK Tahun Pelajaran 2016/2017 di Kabu-
       paten Purwakarta


                    M E M U T U S K A N

Menetapkan                 :

Pertama                        :  Membentuk Panitia PPDB Tahun Pelajaran 2016/2017
Kedua                          :  Susunan Panitia sebagaimana dimaksud  pada  Diktum Pertama, tercantum dalam lam-
                                       piran 1
Ketiga                          :  Segala biaya yang timbul akibat pelaksanaan keputusan ini dibebankan pada anggaran
                                          yang sesuai.
Keempat                      :  Apabila terdapat kekeliruan dalam penetapan ini, akan  dibetulkan seperlu nya
Kelima                         :  Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.


Ditetapkan di Plered
Pada Tanggal, 09  Juni  2016
Kepala SMKN 1 Plered



Drs. Muhardi, MT
NIP. 19600703 198603 1 005



Lampiran  1 :     Keputusan Kepala SMK Negeri 1 Plered
                             No. : 422.1  /0281 / TU            


SUSUNAN PANITIA
 PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
TAHUN PELAJARAN 2016/2017



Pengarah / Penasehat                                               :  Komite ( Drs. Ahmad Nizar, M.Si )
Penanggung Jawab                                                  :  Kepala Sekolah ( Drs. Muhardi, MT )
Ketua Pelaksana                                                       :  H. Suryaman, S.Ag.,M.M.Pd
Sekretaris                                                                 :  Sarip Hidayat, S.Pd.I
Bendahara                                                                : 1. Drs. Asep Munir
                                                                                   2. Kosasih, S.Pd



I.     Urusan Administrasi/Instrumen Pendaftaran/Dokumentasi/Daftar Ulang
1.            
   Koordinator                                                      :  Sugiatin, SE
   Anggota                                                            :  1. Adi Hidayat                                                                                                                    2. H. Suhermat
                                                                                3. Tiara Oktaviani
                                                                                4. Mira Nurfalah


II.   Urusan Pendaftaran dan Informasi
   Koordinator                                                      :  Wawan, ST
   Anggota                                                            :  1. Deni Sukmana, S.Pd.      
                                                                                2. Maman Nurjaman           
                                                                                3. Maman Purnama, S.Pd   
                                                                                4. Achmad Anwari, ST.,MT.
                                                                                5. Rahmat Prabowo, ST.     
                                                                                6. Indra Ahmad Gojali, S.Pd.
                                                                                7. Siswoko, ST.                   
                                                                                8. Dedi Hermawan              
                                                                                9. Isep Saepuloh, S.Pd.,M.M
                                                                               10. Ajang Sarip Hidayat, S.Pd.


III.  Urusan Seleksi/Tes Fisik/BTQ
   Koordinator                                                      :  Oky Setiawan, S.Pd.
   Anggota                                                            :  1. Dian Indriani, S.Pd.
                                                                                2. Reno, S.Pd.
                                                                                3. Siti Nurul Falahiyah, S.Kom.I.
                                                                                4. Samsurizal Manahan Tan, S.Pd.
                                                                               5. Aep Saepudin, S.Si
                                                                               6. Aris Iskandar


IV.  Urusan Pengolahan Data dan Dokumen Pengumuman
   Koordinator                                                      :  H. Karna, ST
   Anggota                                                            :  1. Erlan Hermawan, S.Pd
                                                                                2. Akhmad Heri Kh, S.Pd
   3. Trisnawati, ST
   4. Erwin Begasi, ST
                                                                                 5.Wendi Aripin Soleh, S.Kom.
                                                                                 6. Ginanzhar Sudiarna
                                                                                7. Ferdiansyah Fajar
                                                                                8. Asep Suryadi
                                                                                9.Nendi Apriki
                                                                              10. Dadan Hamdan


                                        
V.   Urusan Fasilitas /Akomodasi / K3
   Koordinator                                                      :  Bambang Triono, S.Pd
   Anggota                                                            :  1. Saepuloh, S.Pd.
                                                                                2. Rudi Hartono, S.Pd
                                                                                3. Edih, ST
                                                                               4. Depi Kurniawan
                                                                                5. Agus Waluyo
                                                                                6. Asep Sandiana
                                                                               7. Ade Harun
    


Ditetapkan di Plered
Pada Tanggal, 09  Juni 2016
Kepala SMKN 1 Plered





   Drs. Muhardi, MT
   NIP. 19600703 198603 1 005














0 komentar:

Posting Komentar